Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Di Kelompok B PAUD Asnur Kelurahan Lasoani
Nama: FIDYA NOPIANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B PAUD Asnur Kelurahan Lasoani. Subjek Penelitian ini anak kelompok B yang berjumlah 15 yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampun mengenal konsep bilangan anak melalui metode bermain permainan ular tangga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aspek yang diteliti menyebutkan titik yang ada pada dadu, menghitung langkah poin sesuai jumlah titik yang diperoleh dari dadu, dan menunjukkan lambang bilangan 1-20 pada papan permainan ular tangga. Hasil penelitian dari ketiga aspek yang diamati menunjukkan bahwa data sebelum perlakuan menggunakan media permainan ular tangga yaitu (0%) kategori Berkambang Sangat Baik (BSB), (17,67%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (24,66%) kategori Mulai Berkembang (MB) dan (57,67%) dalam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya, sesudah perlakuan dari ketiga aspek yang diamati yaitu (26,67%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), (53,33%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (13,33%) kategori Mulai Berkembang (MB), dan (6,67%) dalam kategori Belum Berkembang (BB). Di ketahui bahwa nilai t hitung adalah sebesar sebesar -11.421 pada uji t tanda plus minus tidak diperhatikan sehingga nilai 11.421 > 1.76131, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti terdapat pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Kelompok B PAUD Asnur Kelurahan Lasoani. Kata Kunci : Ular Tangga, Konsep Bilangan, Media Permainan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up