JudulPENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK NURUL YAQIIN PALU |
Nama: SITI RAMADHAN USMAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Masalah utama dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, jenisnya eksperimen. Subjeknya 15 anak, yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 8 anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum diberikan perlakuan pada menyebutkan kosa kata (13,33%) BSB, (26,67%) BSH, (26,67%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menjawab pertanyaan (13,33%) BSB, (20%) BSH, (33,34%) MB, dan (33,34%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita (13,33%) BSB, (13,33%) BSH, (40%) MB, dan (33,34%) BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (60%) BSB, (20%) BSH, (20%) MB, dan (0%) BB. Aspek menjawab pertanyaan terdapat (26,67%) BSB, (40%) BSH, (20%) MB, dan (13,33%) BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita terdapat (46,67%) BSB, (26,67%) BSH, (20%) MB, dan (6,67%) BB, yang berarti terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Yaqiin Palu. |