JudulPeranan Senam Irama Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka Di Kelompok B2 TK NURUL YAQIIN |
Nama: NURUL AIDA R. ISMAIL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurul Aida R Ismail (2022). Peranan Senam Irama Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka di Kelompok B2 TK Nurul Yaqiin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep angka yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan senam irama terhadap kemampuan mengenal konsep angka anak di kelompok B2 TK Nurul Yaqiin. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ekseperimen. Subjek penelitian melibatkan 21 orang anak yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Selanjutnya pengolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 7,92%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 7,93%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 23,80%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 60,31%. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori BSB sebanyak 23,80%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 57,14%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 14,28%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 4,76?lam aspek menyebutkan angka, mengurutkan angka dan mengeompokkan angka dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peranan senam irama terhadap kemampuan mengenal konsep angka anak. Kata kunci: Senam Irama, Kemampuan mengenal konsep angka |