JudulPENGARUH KEGIATAN BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK SALSABILA PELAWA PARIGI MOUTONG |
Nama: SASTIWI OKTARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sastiwi Oktari (2024) “Pengaruh kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B tk Salsabila pelawa parigi Moutong.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia dini, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Andi Agusniatih, M.Si , pembimbing (2) Fitriana, S.Pd,M.Pd. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang dengan baik. upaya menyelesaikan masalah tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B Tk Salsabila pelawa Parigi Moutong. metode yang di gunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyek berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data di analisis secara kuantitatif . hasil pengamatan sebelum di berikan perlakuan pada aspek kelenturan jari-jemari (0%) dalam kategori BSB, (26,67%) dalam kategori BSH, (33,33%) dalam kategori MB dan (40%) dalam kategori BB. Aspek kecepatan jari-jemari (0%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kategori BSH, (46,67%) dalam kategori MB, dan (33,33%) dalam kategori BB. Aspek ketepatan jari-jemari (0%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kategori BSH, (40%) dalam kategori MB dan (40%) dalam kategori BB . Hasil pengamatan sesudah di berikan perlakuan pada aspek kelenturan jari-jemari (33,33%) dalam kategori BSB, (40%) dalam kategori BSH, (20%) dalam kategori MB, dan (6,67%) dalam kategori BB. Aspek kecepatan jari-jemari (33,33%) dalam kategori BSB, (33,33%) dalam kategori BSH, ( 26,67%) dalam kategori MB, (6,67%) dalam kategori BB. Aspek t Ketepatan jari-jemari (33,33%) dalam kategori BSB, (40%) dalam kategori BSH, (20%) dalam kategori MB, (6,67%) dalam kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK Salsabila Pelawa Parigi Moutong Kata kunci : Metode Bermain, Perkembangan Motorik Halus Anak |