JudulPERANAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 01 PALU |
Nama: MELDA ARISTA UKAS |
Tahun: 2022 |
Abstrak Melda Arista Lukas (2022). Peranan Metode Project Based Learning Terhadap Kemampuan Sosial Anak Di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Fitriana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan sosial anak pada masa pademi Covid-19 yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peranan metode project based learning terhadap kemampuan sosial anak di kelompok B TK Kemala Bhayangkari 01 Palu. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian melibatkan 12 orang anak yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, terdaftar tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Selanjutnya pengolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata yang diperoleh dari semua aspek, terdapat 8% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 42% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 33% anak dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan 17% anak dalam kategori Belum Berkembang (BB). Dalam aspek bekerja sama, mendengarkan pendapat dan tolong-menolong dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode project based learning terhadap kemampuan sosial anak Kata kunci: Metode project based learning, Kemampuan sosial anak. |