Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede
Nama: DEWI CAHYATI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Dewi Cahyati (2023) “Efektivitas Metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar Untuk Mengembangkan Bahasa Anak di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Fitriana dan Pembimbing (II): Zakiyyatul Imamah. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan bahasa anak belum berkembang dengan baik. Upaya menyelesaikan masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas metode bercerita berbasis buku cerita bergambar untuk mengembangkan bahasa anak di kelompok B TK Nurul Haq Tinggede. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subyek berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif. Hasil pengamatan sebelum diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (0%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kategori BSH, (40%) dalam kaegori MB dan (40%) dalam kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (6,67%) dalam kategori BSB, (20%) dalam kaegori BSH, (20%) dalam kategori MB, dan (53,33%) dalam kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana (0%) dalam kategori BSB, (13,33%) dalam kategori BSH, (6,67%) dalam kategori MB dan (80%) dalam kategori BB. Hasil pengamatan sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (33,33%) dalam kategori BSB, (46,67%) dalam kategori BSH, (20%) dalam kategori MB, dan (0%) dalam kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (40%) dalam kategori BSB, (46,67%) dalam kategori BSH, (13,33%) dalam kategori MB dan (0%) dalam kategori BB. Aspek mengulang kalimat sederhana (33,33%) dalam kategori BSB, (53,33%) dalam kategori BSH, (6,67%) dalam kategori MB, (6,67%) dalam kategori BB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas metode bercerita berbasis buku cerita bergambar untuk mengembangkan bahasa anak di Kelompok B TK Nurul Haq Tinggede. Kata kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up