JudulPengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dikelompok B5 TK Negeri Pembina Palu Kelurahan Tanamodindi Kecamatan Mntikulore |
Nama: WAFIK AZIZAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak wafik azizah(2022)pengaruh alat permainn edukatif terhadap kemampuan motorik halus anak dikelompok B5 TK Negeri pembina palu kelurahan tanamodindi kecamatan mantikulore. Skripsi program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini. Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Tadulako. pembimbing (1) Fitriana S.Pd., M.Pd. Pembimbing (2) Sita Awalunisah S.Pd. M.Pd Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh alat permainan eduktif terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B5 Tk negeri pembina palu kelurahan tanamodindi kecamatan mantikulore. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. subjeknya 11 anak yang tediri dari 6 perempuan dan 5 laki-laki, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumetasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum perlakuan aspek kelenturan Jari-jemari BSB(9%), BSH (18%), MB (36%), BB (36%). aspek kekuatan tangan BSB (9%),BSH (18%), MB (27%),BB (45%). Aspek kecepatan tangan BSB(18%), BSH(18%), MB(27%), BB (36%). Setelah diberi perlakuan aspek kelenturan jari-jemari BSB(27%), BSH(36%), MB(18%), BB (9%). Aspek kekuatan tangan BSB(18%), BSH (45%), MB (18%), BB (18%). Aspek kecepatan tangan BSB (27%), BSH (36%), MB (18%) BB (9%). Rata-rata ketiga aspek yang diamati sebelum perlakuan kategori BSB, BSH, dan MB 60% Sesudah perlakuan kategori BSB, BSH dan MB 84?pat disimpulkan ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap kemampuan motorik halus anak terbukti ada peningkatan 15% kategori BSB, BSH, dan MB dari semua kemampuan yang diamati. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, Kempampuan Motorik Halus Anak. |