Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMBELAJARAN ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEANERS) STUDI KASUS DI TK NEGERI MODEL TERPADU MADANI KELURAHAN TALISE KECAMATAN MANTIKULORE
Nama: FELNI
Tahun: 2023
Abstrak
FELNI (2022).”Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (slow leaners) Studi Kasus di TK Negeri Model Terpadu Madani Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana dan Pembimbing (2) Hesti Putri Setianingsih. Penelitian ini merupakan penilitian studi kasus terhadap dua orang anak sebagai objeknya dengan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana strategi pembelajaran anak lamban belajar (slow leaners) yang berfokus pada rendahnya perhatian anak di TK Negeri Model Terpadu Madani Kecamatan Talise Kelurahan Mantikulore. Dengan melihat berbagai aspek seperti belajar. Yang mana diketahui bahwa strategi pembelajaran atas dua entrinsik strategi yang berasal dari luar dari atau lingkungan. Pada umumnya slow leaners memiliki intelegensi dibawa rata-rata sekitar 80-85 tapi tidak tergolong anak bekebutuhan khusus. Penelitian ini mengambil dua orang anak menjadi subjek penelitian dan mengambil dua orang respondem diantaranya yaitu: Satu orang guru dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data digunakan yaitu Teknik wawancara, observasi dan Teknik dokumentasi. Analisis data yan diguanakan pada penelitian ini bersifat deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengetasi anak slow leaners, yakni dengan menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran seperti menggunakan pendekatan pembelajaran yang bepusat pada anak dengan system individual dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak dengan system individual dan pendekatan remedial, kemudian metode ceramah, latihan-latihan dan penguasan, selanjutnya langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yakni guru koordinasi dengan kepala sekolah dan guru kelas yang bersangkutan, kemudian membimbing sendiri anak yang lambat belajar terus kita bombing kekurangannya, salah satunya dengan membentuk mereka dalam satu kelompok kecil. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (Slow Leaners)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up