Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN BERMAIN MAZE MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK PEMBINA NEGERI KEMBANG ROGO
Nama: ASYIFAWWARAHMA
Tahun: 2025
Abstrak
Asyifawwarahma (2025).“Peranan Bermain Maze Modifikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di TK Pembina Kembang Rogo Mamboro”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana (2) Amrullah. Pendidikan anak usia dini sangat membutuhkan stimulasi yang sesuai untuk mendorong perkembangan kognitif, salah satunya dengan kegiatan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dalam kegiatan bermain Maze di kelompok B TK Negri Pembina Kembang Rogo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode observasi dengan subjek yang terdiri atas 12 anak kelompok B (4 laki-laki, 8 perempuan). Data dikumpulkan melalui observasi, tiga aspek kemampuan kognitif yang dinilai: mengenal 10 warna, menghitung 1–20, dan mencocokkan 10 gambar hewan selama dua minggu pelaksanaan kegiatan. Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan ada dua macam yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah kegiatan bermain Maze, dan variabel terikat adalah kemampuan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan bermain Maze modifikasi selama dua minggu, terjadi peningkatan kemampuan kognitif pada hampir seluruh anak yang diamati. Anak-anak lebih cepat mengenal dan membedakan 10 warna, mampu menghitung angka hingga 20, serta meningkatkan ketepatan dalam mencocokkan gambar hewan. Data observasi menunjukkan bahwa sebagian besar anak menunjukkan perkembangan kognitif yang signifikan pada semua aspek yang diamati, dengan partisipasi aktif dan antusias selama permainan Maze, dengan demikian, aktivitas bermain Maze modifikasi terbukti berperan positif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negri Pembina Kembang Rogo Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Anak, Permainan Maze.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up