JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Lisan Di Kelompok B TK PGRI Di Desa Kumbasa Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala |
Nama: RISKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Riska (2023) pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa lisan di kelompok B TK PGRI di desa kumbasa kecamatan sindue kabupaten Donggala. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Fitriana, dan Pembimbing (2) Amrullah Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berbahasa lisan belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan peneliti untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan anak berbahasa lisan di TK PGRI desa kumbang kecamatan sindue kabupaten Donggala. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis eksperimen. Subjeknya 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki, terdaftar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan komunikasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum perlakuan menyebutkan kosa kata kategori BSB (6%), kategori BSH (6%,), kategori MB (26%), kategori BB (60%). Kemampuan menjawab pertanyaan kategori BSB (0%), kategori BSH (20%), kategori MB (13%), kategori BB (60%). Kemampuan mengulang kalimat sederhana kategori BSB (6%), kategori BSH (13%), kategori MB (26%), kategori BB (53%). Setelah di beri perlakuan kemampuan menyebutkan kosa kata kategori BSB (26%), kategori BSH (33%), kategori MB (33%), kategori BB (6%). Kemampuan menjawab pertanyaan kategori BSB (26%), kategori BSH (33%), kategori MB (26%), kategori BB (26%). Kemampuan mengulang kalimat sederhana kategori BSB (26%), kategori BSH (33%), kategori MB (26%), kategori BB (13%). Kata kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Anak Berbahasa Lisan |