Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B TK Tunas Rimba
Nama: ELGIYANA ARRUAN
Tahun: 2023
Abstrak
ELGIYANA ARRUAN(2022). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B TK Tunas Rimba”. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Pembimbing I Andi Agusniatih dan Pembimbing II Fitriana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan anak yang berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode bermain peran terhadap kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Deskrptif, adapun subjek penelitian seluruh anak didik dikelmpok B2 TK Tunas Rimba yang berjumlah; 17orang anak terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian dari 17 anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 4 anak atau ( 23,52% ) yang masuk kategori Sangat Tinggi ( ST ), 9 anak ( 52,94%) yang dalam kategori Tinggi (T), 4 anak (23,52%) yang masuk dalam kategori Sedang (S) dan (0%) yang masuk dalam kategori Rendah (R) dalam disiplin dalam menaati aturan sekolah. Untuk kategori disiplin dalam bertanggung jawab terdapat 7 anak atau ( 41,17% ) yang masuk kategori Sangat Tinggi( ST ), 8 anak ( 47,05%) yang dalam kategori Tinggi (T), 2 anak (11,76%) yang masuk dalam kategori Sedang (S) dan (0%) yang masuk dalam kategori Rendah (R) dalam disiplin dalam menaati aturan sekolah. Simpulan ini dapat dilihat dari hasil rekaptulasi data perkembangan anak, sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Dengan di terapkan metode bermain peran dapat mempengaruhui kedisiplinan perkembangan kedisiplinan anak. Kata Kunci : Pengaruh Bermain Peran, Kedisiplinan Anak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up