Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Metode STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21 Di Kelompok B2 PAUD TK Samporoa DWP Kota Palu
Nama: SRI MULIANA .R
Tahun: 2022
Abstrak
Sri Muliana .R (2022), “Implementasi Metode STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking sebagai Pembelajaran Abad 21 di Kelompok B2 PAUD TK Samporoa DWP Kota Palu”.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Andi Agusniatih Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode STEAM melalui kegiatan fun cooking sebagai pembelajaran abad 21. Penelitian ini dilakukan di TK Samporoa DWP Kota Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 6 anak yang sudah mampu mengimplementasikan metode STEAM melalui kegiatan fun cooking dengan baik tanpa bantuan, kemudian 5 orang anak yang mampu melaksanakan kegiatan fun cooking sesuai harapan yaitu dapat mengikiti 2-3 kegiatan fun cooking menggunakan metode metode STEAM dengan baik, kemudian terdapat 2 orang anak dalam tahapan masih berkembang yaitu anak masih membutuhkan bantuan guru pada kegiatan fun cooking salah satunya pada pengembangan kemampuan technologi pada pertemuan ketiga pada saat penggunaan pisau untuk memotong buah masih membutuhkan bantuan dari guru, dan ada 2 anak lainnya yang belum mampu melakukan kegiatan fun cooking dengan metode STEAM dengan benar melalui 5 aspek yang diamati, yaitu aspek science, aspek technologi, aspek engineering, aspek art dan aspek mathematics. Hasil penelitian tersebut didapatkan dari pengamatan 5 aspek yang digunakan adalah pertama, aspek science yaitu mengembangkan pemahaman anak tentang menu yang akan diolah pada saat kegiatan fun cooking. Kedua, aspek technologi yaitu anak dapat mengenal dan menggunakan berbagai teknologi sederhana yang digunakan pada saat kegiatan fun cooking. Ketiga, aspek engineering yaitu anak dapat mengolah menu yang sudah dibuat pada saat kegiatan fun cooking dan anak dapat menceritakan kembali kegiatan yang telah dilakukan. Keempat, aspek art yaitu anak kreatif menghias menu yang sudah dibuat sesuai dengan keinginannya. Kelima, aspek mathematics yaitu anak dapat mengenal konsep matematika sederhana dengan berhitung dan dapat mengenal pola atau bentuk-bentuk geometri yang terdapat pada kegiatan fun cooking. Dengan demikian metode STEAM melalui kegiatan fun cooking dapat diterapkan sebagai pembelajaran abad 21. Kata Kunci : Metode STEAM, Fun Cooking, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up