JudulPengaruh Metode Bermain Terhadap Keterampilan Anak Berkomunikasi Di Kelompok B TK Negeri Alakasing Kab. Banggai Kepulauan |
Nama: DIAN ARTANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dian Artanti (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Anak Berkomunikasi Di Kelompok B TK Negeri Alakasing Kab. Banggai Kepulauan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (II) Fitriana Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah keterampilan anak berkomunikasi belum berkembang sesuai harapan. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan anak berkomunikasi di kelompok B TK Negeri Alakasing Kab. Banggai Kepulauan. Metode yang di gunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Subyek berjumlah 12 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (0%) kategori BSB, (17%) kategori BSH, (50%) kategori MB, (33%) kategori BB. Aspek menjawab pertanyaan (8%) kategori BSB, (17%) kategori BSH, (33%) kategori MB, dan (42%) kategori BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita (8%) dalam kategori BSB (17%) kategori BSH, (25%) kategori MB, dan (50%) kategori BB. Data sesudah diberikan perlakuan pada aspek menyebutkan kosa kata (25%) kategori BSB, (50%) kategori BSH, (17%) kategori MB, dan (8%) kategori BB. Aspek menyebutkan menjawab pertanyaan (25%) kategori BSB, (67%) dalam kategori BSH, (8%) dalam kategori MB, dan (0%) kategori BB. Aspek menceritakan kembali isi cerita (17%) kategori BSB, (50%) kategori BSH, (25%) kategori MB, dan (8%) kategori BB. Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar 8.741 dengan taraf signifikan 0,000. Karena signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan anak berkomunikasi di kelompok B TK Negeri Alakasing Kab. Banggai Kepulauan. Kata Kunci : Metode Bermain peran, Keterampilan Anak Berkomunikasi |