JudulPENGARUH PERCOBAAN SAINS SEDERHANA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI DESA BOMBA |
Nama: SHINTA HAMZAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Shinta Hamzah (2022). Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Kelompok B TK Melati Desa Bomba. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : Fitriana, Pembimbing II : Amrullah Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh percobaan sains sederhana terhadap perkembangan kognitif anak di Kelompok B TK Melati Desa Bomba. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada aspek kreativitas mencampur warna, kategori BSB (0%), BSH (20%), MB (26,67%), BB (53,33%), Aspek menyebutkan jenis-jenis warna, kategori BSB (6,67%), BSH (20%), MB (20%) BB (53,33%), Aspek menghasilkan gelembung sabun kategori BSB (0%) BSH (13,33%), MB (20%), BB (66,67%. Hasil penelitian sesudah diberi perlakuan terjadi peningkatan yang signifikan, pada aspek kreativitas mencampur warna, kategori BSB (33,33%), BSH (46,67%), MB (20%), BB (0%), aspek menyebutkan jenis-jenis warna, kategori BSB (40%) BSH (46,67%), MB (13,33%) BB (0%), aspek menghasilkan gelembung sabun kategori BSB (33,33%) BSH (46,67%), MB (13,33%), BB (6,67%). Jika dilihat dari nilai t dapat dijelaskan bahwa t hitung sebesar 13.217 dengan signifikan 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh percobaan sains sederhana terhadap perkembangan kognitif anak di kelompok B TK Melati Desa Bomba. Kata Kunci : Percobaan Sains, Perkembangan Kognitif, |