JudulPengaruh Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Di Kelompok B TK Pertiwi Provinsi Kecamatan Palu Timur |
Nama: RIATI PABANGUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Riati Pabangun (2022). Pengaruh Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa Di Kelompok B TK Pertiwi Provinsi Kecamatan Palu Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika ,(II) Hesti Putri Setianingsih. Tujuan penelitian ini mengkaji masalah kemampuan anak berbahasa belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh media boneka jari terhadap kemampuan anak berbahasa di kelompok B TK Pertiwi Provinsi Kecamatan Palu Timur. Metode yang di gunakan adalah kuantitatif ,jenisnya eksperimen. Subyek berjumlah 14 anak. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sebelum diberikan perlakuan kemampuan melaksanakan beberapa perintah ,BSH 7,14% ,MB 50%,dan BB 42,85 %. Kemampuan mengulang kalimat ,BSH 14,29% , MB 28,57%, BB 57,14% . Dan kemampuan menjawab pertanyaan, BSB 7,14% , BSH 14,29% , MB 42,85?n BB 35,71. Setelah diberikan perlakuan kemampuan melaksanakan beberapa perintah,BSB 14,29%,BSH 42,58%, MB 28,57?n BB 14,29%. Kemampuan mengulang kalimat BSB 14,29%, BSH 35,71, MB 28,57?n BB 21,42%. Kemampuan menjawab pertanyaan BSB 21,42%, BSH 35,71%, MB 21,42?n BB 21,42%. Di simpulkan ada pengaruh media boneka jari terhadap kemampuan anak berbahasa,terbukti kategori sebelum diberikan perlakuan BSB, BSH, MB, 54,76?n sesudah BSB, BSH, MB, 80,94% maka terjadi peningkatan 26,18?ri semua kemampuan yang di amati. Kata Kunci : Media Boneka Jari, Kemampuan Anak Berbahasa |