JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Penanaman Nilai-nilai Karakter Toleransi Di Kelompok B TK Karuna Dipa Kota Palu |
Nama: CHUSNUL KHATIMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Chusnul Khatima (2022) “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter Toleransi Di Kelompok B TK Karuna Dipa Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu Pendidikan , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, pembimbing (II) Amrullah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah karakter toleransi anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode bercerita terhadap penanaman nilai-nilai karakter toleransi anak usia. Jenis penelitian adalah experimen. Adapun subyek dalam peneitian ini adalah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan obesrvasi. Analisis data dilakukan dengan presentase. hasil pengamatan sebelum perlakuan rekapitulasinya rata-rata 3?lam kategori berkembang sangat baik (BSB), 23?lam kategori berekmebang sesuai harapan (BSH), dalam kategori (MB) 28% kategori mulai berkembang (MB), 46?lam kategori (BB) belum berkembang. Rekapitulasi sesudah diberikan perlakuan rata-rata 23% kategori berkembang sangat baik (BSB), 59% kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 10?lam kategori mulai berkembang (MB), dan 8?lam kategori belum berkembang (BB). dalam aspek tolong-menolong, bekerja sama, saling menghargai. Kesimpulanya, ada pengaruh metode bercerita terhadap nilai-nilai karakter toleransi. Kata kunci: Metode Bercerita, Penanaman Nilai-nilai Karakter Toleransi. |