JudulImplementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di TK Bhinneka Tunggal Ika Kecamatan Palolo |
Nama: CATRINE BARANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter anak belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen deksriptif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Bhinneka Tunggal Ika Kecamatan Palolo, Jumlah siswa 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki, 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan teknik presentase. Data hasil rekapitulasi pengamatan pada pendidikan karakter anak melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal, dalam tiga aspek yang telah diamati, tidak ada anak pada kategori berkembang sangat baik (BSB), ada 33,33% pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 66,67% pada kategori mulai berkembang (MB), dan tidak ada anak pada kategori belum berkembang (BB). Berdasarkan hasil sesudah perlakuan, ada 36,67% pada kategori berkembang sangat baik (BSB), ada 46,66% pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 16,67% pada kategori mulai berkembang (MB), dan tidak ada anak pada kategori belum berkembang (BB). Sebelum diberikan perlakuan, nilai rata-rata tiap aspek 33,33%, setelah diberikan perlakuan naik menjadi 83,33%. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam mengembangkan pendidikan karakter terbukti terjadi peningkatan rata-rata 50%. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal, Anak Usia Dini |