JudulPENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK IDHATA PALU |
Nama: RAFIKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rafika (2022), “Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Pengembangan Nilai Agama Islam Anak Usia Dini Di Kelompok B1 TK Idhata Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Dr. Nurhayati, S. Ag., M. Pd. I. Dan Pembimbing (II) Sita Awalunisah, S. Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan nilai agama islam anak belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai agama islam anak dengan menggunakan media sosial youtube. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Idhata Palu, jumlah siswa 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengembangan nilai agama islam anak sebelum diberikan perlakuan berupa penggunaan media sosial youtube, pada aspek Wudhu ada 12,5?lam kategori BSH, 43,75?lam kategori MB, 43,75?lam kategori BB, pada aspek Shalat ada 12,5?lam kategori BSH, 37,5?lam kategori MB, 50?lam kategori BB, dan pada aspek Pengenalan Huruf Hijaiyyah ada 18,75?lam kategori BSH, 43,75?lam kategori MB, 37,5?lam kategori BB. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil, pada aspek Wudhu ada 12,5?lam kategori BSB, 25?lam kategori BSH, 31,25?lam kategori MB, 31,25?lam kategori BB, pada aspek Shalat ada 6,25?lam kategori BSB, 31,25?lam kategori BSH, 37,5?lam kategori MB, 25?lam kategori BB, dan pada aspek Pengenalan Huruf Hijaiyyah ada 18,75?lam kategori BSB, 31,25?lam kategori BSH, 25?lam kategori MB, 25?lam kategori BB. Rata-rata ketiga aspek yang diamati sebelum perlakuan kategori BSH dan MB 56,25%, sesudah perlakuan 72,92% kategori BSB, BSH, dan MB. Dapat disimpulkan ada pengaruh media sosial youtube terhadap pengembangan nilai agama islam anak di kelompok B1 TK Idhata Palu, terbukti ada peningkatan 16,67?ri tiga aspek yang diamati kategori BSB, BSH, dan MB. Kata Kunci : Media Sosial Youtube, Pengembangan Nilai Agama Islam, Anak Usia Dini |