Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP NILAI MORAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK BUNGAMPUTI DI KOTA PALU
Nama: NURHIDAYA AHMAD
Tahun: 2022
Abstrak
Nurhidaya Ahmad. 2022. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Nilai Moral Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B1 TK Bungamputi Di Kota Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Nurhayati. Pembimbing II Sita Awalunisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap nilai moral anak pada masa pandemi covid-19 di TK Bungamputi di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 5 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif untuk mengukur nilai moral melalui rubrik dan kuesioner. Berdasarkan hasil rata-rata rekapitulasi persentase minggu pertama sampai dengan minggu ketiga. Pada aspek menghormati orang tua, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 46,6%, sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BB sebesar 6,7%. Pada aspek kedisiplinan, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 46,7%, sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BSB sebesar 4,4%. Pada aspek sopan santun, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 51,1%, sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BB sebesar 4,4%. Pada aspek perilaku baik, persentase tertinggi terdapat dikategori MB yaitu sebesar 60%, sedangkan persentase terendah terdapat dikategori BB sebesar 2,2%. Persentase bentuk penggunaan gadget pada jenis gadget yaitu kategori “Handphone” yaitu sebesar 93,3%. Selanjutnya pada kategori “Tablet” yaitu sebanyak 6,7%. Kategori “iPad” yaitu sebesar 0%. Adapun persentase lama waktu/durasi penggunaan gadget pada anak pada kategori “Tinggi” yaitu sebesar 60%. Selanjutnya kategori “Sedang” sebesar 26,7%, dan kategori “Rendah” sebesar 13,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan persentase di atas nilai moral pada anak cenderung belum berkembang sesuai harapan ditambah tingginya persentase durasi penggunaan gadget terhadap anak, menimbulkan dampak terhadap nilai moral anak pada masa pandemi covid-19 di Kelompok B1 TK Bungamputi di Kota Palu. Kata Kunci: Nilai Moral, Dampak Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up