JudulPOLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBANTU KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI TK AL-KHAIRAAT PENGAWU KOTA PALU |
Nama: AINNURMALA KAFHAS WARI MAPINSA |
Tahun: 2025 |
Abstrak AINNUR MALA KAFHAS WARI MAPINSA (2024). “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Kecerdasan Spritual Anak Di TK Al-Khairaat Pengawu Kota Palu”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pertama Dr. Nurhayati, S.Ag.,M.Pd.I, dan Pembimbing kedua Fitriana S.pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anal di TK Al-Khairaat Pengawu Kota Palu. Subjek penelitian yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik perhitungan presentase. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui dari 15 anak yang menjadi subjek penelitian, terdapat 4 anak yang menerima pola asuh otoriter, 8 anak yang menerima pola asuh demokratis dan 3 anak yang menerima pola asuh permisif. Untuk pola asuh orang tua otoriter, terdapat 1 anak masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dan 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH), pada aspek berwudhu ataupun aspek sholat anak yang menerima pola asuh otoriter masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) serta pada kategori mulai berkembang (MB). Selanjutnya pada pola asuh demokratis terlihat perkembangan signifikan yang mana 5 dari 8 anak masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) pada aspek berwudhu, 3 dari 8 anak di kategori berkembang sangat baik (BSB) pada aspek sholat maupun aspek berdoa. Sedangkan pada pola asuh permisif hanya 1 anak masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 anak mulai berkembang (MB) di aspek berwudhu dan berdoa, adapun di aspek sholat ketiga anak yang menerima pola asuh permisif masuk dalam kategori mulai berkembang (MB). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pada 3 aspek yang diamati oleh peneliti (berwudhu, sholat dan berdoa), bahwa anak yang menerima pola asuh demokratis yang memperlihatkan perkembangan sangat baik ataupun berkembang sesuai harapan terkait pemahaman anak akan berwudhu, sholat serta berdoa. Anak-anak yang memperoleh pola asuh otoriter juga memperlihatkan hal tersebut. Adapun pola asuh permisif, perkembangan anak tidak terlalu signifikan. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Spritual Anak |