JudulImplementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Terhadap Penanaman Nilai Moral Anak Usia Dini Dikelompok B Tk Melati Desa Bomba |
Nama: HUMAIRA WAROLEMBA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati, (2) Sita Awalunisah Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan nilai-nilai moral anak yang belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan nilai moral anak dengan mengimplementasikan pendidikan agama islam berbasis multikultural. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Melati Desa Bomba, jumlah subjek 15 orang terdiri 6 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil rata-rata rekapitulasi presentase pekan pertama sampai pekan ketiga pada aspek tolong menolong, presentase tertinggi teradapat pada kategori Mulai Berkembang (MB) (35,33%), sedangkan presentase terendah pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (17,76%). Pada aspek toleransi presentase tertinggi terdapat pada kategori Mulai Berkembang (MB) (31,11%), sedangkan presentase terendah pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (15,57%). Pada aspek saling menghargai presentase tertinggi terdapat pada kategori Mulai Berkembang (MB) (39,99%), sedangkan presentase terendah itu pada kategori Belum Berkembang (BB) (13,33%). Kesimpulan dari hasil presentase rata-rata pekan pertama dan kedua pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) terjadi peningkatan sebesar (22,21%), sedangkan presentase pekan kedua dan ketiga pada kategori Berkembang Sesuai Harapann (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) terjadi peningkatan dengan nilai (28,89%). Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Nilai Moral, Anak Usia Dini |