JudulPENGARUH BERMAIN EGRANG BATOK KELAPA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK KARYA THAYYIBAH LIMRAN |
Nama: INDRIANI S. |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Indriani.S, 2022 “Pengaruh Bermain Egrang Batok Kelapa Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Karya Thayyibah Limran” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Andi Agusniatih, Pembimbing (II) Fitriana. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya yang mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain egrang batok kelapa terhadap kemampuan motorik kasar anak. Adapun subjek penelitian terdiri dari 14 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan, diperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 7,14%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 14,28%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 35,71%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebesar 42,85%. Sedangkan hasil penelitian sesudah diberikan perlakuan, diperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 33,33%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 45,23%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebesar 14,28%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebesar 7,14%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh 3 aspek yang diamati, dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan rata-rata antara hasil bermain sebelum dan sesudah perlakuan yang artinya ada pengaruh bermain egrang batok kelapa terhadap perkembangan motorik kasar anak di kelompok B TK Karya Thayyibah Limran. Kata Kunci : Permainan Egrang Batok Kelapa, Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar, Anak Usia Dini |