JudulPengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di TK Alkhairaat Biga |
Nama: SITI RAHAYU BALINTINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Siti Rahayu Balintina (2024) “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Tk Alkhairaat Biga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika dan Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Kemampuan berbicara sangat penting untuk AUD. Berdasarkan hal tersebut peneliti menemukan bahwa kemampuan berbicara anak di TK Alkhairaat Biga masih belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen deskriptif, Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengelolahan data dilakukan dengan teknik presentase uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak, jika dilihat dari uji t dapat dijelaskan bahwa t hitung -9.282 dengan signifikan 0.000, karena sig<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan berbicara anak di TK Alkhairaat Biga. diketahui rata-rata hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan anak berbicara dari 14 anak yang menjadi subjek penelitian pada semua aspek yang diamati sebelum perlakuan, terdapat (9,52%) untuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada (14,28%) untuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (35,72%) untuk kategori Mulai berkembang (MB), dan (40,48%) untuk kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya, sesudah diberikan perlakuan pada semua aspek yang diamati terdapat (30,96%) dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada (47,62%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), ada (11,9%) kategori Mulai Berkembang (MB), dan (9,52%) kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara anak. Kata kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara |