Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 02 KOTA PALU
Nama: FAHRUL ISLAMI
Tahun: 2025
Abstrak
Motorik Kasar Anak Di Kelompok B Tk Kemala Bhayangkari 02 Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (II) Hesty Putri Setianingsih . Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya diolah dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan ada pengaruh kegiatan alat permainan eduktif terhadap kemampuan motorik kasar anak. Dilihat dari hasil pengamatan sebelum perlakuan yaitu aspek ketepatan Keseimbangan Tubuh Berlari Zig-Zag kategori BSB 1 anak 5%, kategori BSH 2 anak 10% kategori MB 2 anak 10%, kategori BB 15 anak 75%. Pada aspek Kekuatan Tubuh Saat Anak Mengoper Bola kategori BSB 1 anak 5%, kategori BSH 2 anak 10, kategori MB 3 anak 15%, dan kategori BB 14 anak 70%. Pada aspek Kelincahan Tubuh Saat Anak Berlari Menghindari Rintangan kategori BSB dari 2 anak 10%, kategori BSH 2 anak 10%, kategori MB 3 anak 15?n kategori BB 13 anak 65%. Selanjutnya hasil pengamatan setelah perlakuan yaitu aspek Keseimbangan Tubuh Berlari Zig-Zag kategori BSB 6 anak 30%, kategori BSH 8 anak 40%, kategori MB 4 anak 20?n kategori BB 2 anak 10%. Pada aspek Kekuatan Tubuh Saat Anak Mengoper Bola kategori BSB 5 anak 25%, kategori BSH 9 anak 45%, kategori MB 3 anak 15?n kategori BB 3 anak 15%. Pada aspek Kelincahan Tubuh Saat Anak Berlari Menghindari Rintangan kategori BSB 6 anak 30%, kategori BSH 9 anak 45%, kategori MB 4 anak 20?n kategori BB 1 anak 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Alat Permainan Edukatif terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 02 Kota Palu. Kata Kunci: Permainan Edukatif, Motorik Kasar, Anak Usia Dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up