JudulPengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Pengembangan Nilai Agama Anak Di Kelompok B TK PGRI Al-Huda Muinsale Desa Mansalean Kecamatan Labobo |
Nama: MARSELA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Marsela. pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Pengembangan Nilai Agama Anak di Kelompok B TK PGRI Al-Huda Muinsale Desa Mansalean Kecamatan Labobo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika. Pembimbing (II) Zakiyyatul Imamah. Masalah dalam penelitian ini yaitu tentang pengembangan nilai agama anak. Terdapat anak yang belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap pengembangan nilai agama anak. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenisnya eksperimen deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ada 20 anak di kelompok B TK PGRI Al-Huda Muinsale Desa Mansalean Kecamatan Labobo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan cara presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 0rangtua anak, terdapat 65% orangtua yang menerapkan pola asuh demokratis, 35% orangtua yang menerapkan pola asuh permisif. Pola asuh demokratis pada aspek menjaga kebersihan diri dan lingkungan terdapat 38,46% anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 46,15% anak kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dn 15,38% anak kategori Mulai Berkembang (MB). Pada aspek mengerjakan ibadah (Gerakan Shalat) terdapat 23,08% anak kategori BSB, 53,84% anak kategori BSH, 23,08% anak kategori MB. Pada aspek mengetahui hari besar agama Islam terdapat 46,15% anak kategori BSB, 30,78% anak kategori BSH, dan 23,07% anak kategori MB. Pola asuh otoriter pada aspek menjaga kebersihan diri dan lingkungan terdapat 28,57% anak kategori BSB, 57,14% anak kategori BSH, dan 14,28% anak kategori MB. Pada aspek mengerjakan ibadah (Gerakan Shalat) terdapat 28,57% anak kategori BSB, 42,86% anak kategori BSH, dan 28,57% anak kategori MB. Pada aspek mengetahui hari besar agama Islam terdapat 71,43% anak kategori BSB, dan 28,57% anak kategori BSH. Dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh antara pola asuh orangtua terhadap pengembangan nilai agama anak. Terbukti karena pola asuh demokratis lebih dominan dalam penelitian ini. |