Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI KELOMPOK B3 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PALU
Nama: AINADILA OCTAVIA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal bilangan belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media konkret terhadap kemampuan anak mengenal bilangan. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian melibatkan 15 orang anak. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik presentase dan uji-t. berdasarkan hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media konkret tidak terdapat (0%) anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), ada 15,55% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 33,33% anak dalam kategori mulai berkembang (MB), dan ada 51,11% anak dalam kategori belum berkembang (BB). Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil ada 37,77% anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), ada 39,55% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), ada 20% anak dalam kategori mulai berkembang (MB) dan ada 6,66% anak dalam kategori belum berkembang (BB). Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan uji-t hitungan sebesar -8.493 dengan signifikan 0.000 karena signifikan < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media konkret terhadap kemampuan anak mengenal bilangan di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Palu. Kata Kunci : Media Konkret, Bilangan, Pendidikan Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up