JudulPENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAAT PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: ANJELI MEI RISKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Anjeli Mei Riska (2022) "Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi Kabupaten Parigi Moutong". Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika, Pembimbing (2) Hesti Putri Setianingsih. Masalah utama dalam penelitian ini adalah motivasi belajar anak yang masih rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen deskriptif.Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dilihat dari nilai rata-rata pengamatan sebelum pemberian penguatan untuk kategori ST terdapat 14%, kategori T terdapat 22%, kategori S terdapat 30%, dan kategori R terdapat 33% anak. Dan hasil rata-rata pengamatan sesudah pemberian penguatan untuk kategori ST terdapat 39%, kategori T terdapat 45%, kategori S terdapat 16%, dan kategori R terdapat 0% anak. Dapat disimpulkan ada pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi terbukti ada peningkatan dari ketiga aspek yang di amati. Kata Kunci: Pemberian Penguatan, Motivasi Belajar |