JudulPENGARUH TEKNIK USAP ABUR MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU |
Nama: SUKMA PRATIWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Sukma Partiwi (2022). Pengaruh Teknik Usap Abur Melalui Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B2 Tk Adhyaksa XXII Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : I Putu Suwika. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Sehubung dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motorik halus anak setelah diberi perlakuan dengan menggunakan teknik usab abur melalui kegiatan Finger Painting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen. Subyek dan Setting penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 15 anak di TK Adhyaksa XXII Palu, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial uji t. Berdasarkan hasil dari rekapitulasi perkembangan motorik halus anak dalam tiga aspek yang telah diamati yaitu aspek kecepatan, aspek kelenturan jari dan aspek ketepatan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik usab abur melalui kegiatan Finger Painting. Kategori BSB dari 0% menjadi 37,77%, kategori BSH dari 22,22% menjadi 33,33%, kategori MB dari 28,89% menjadi 28,89%, kategori BB dari 48,89% menjadi 0%. Berdasarkan hasil data Output dari SPSS perhitungan uji t diperoleh nilai thitug > ttabel (14.571 > 1.761), dan nilai signifikan 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh teknik usab abur melalui kegiatan Finger Painting terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B2 TK Adhyaksa XXII Palu. |