JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B2 TK ADHYAKSA XXII PALU |
Nama: NURAISYA M YAHYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak NURAISYA M YAHYA (2022).” Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B2 TK Adhyaksa XXII Palu.”Skripsi , Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing : Drs. I Putu Suwika Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kemapuan motorik halus anak yang berlum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik halus anak jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Deskriptif. Adapun subjek penelitian seluruh anak didik di kelompok B2 TK Adhyaksa XXII Palu yang berjuml;ah 21 orang anak terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 11 orang anak laki-laki terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 7,93%, Kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 7,93%, Kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 23,80%, dan Kategori Belum Berkembang (BB), sebanyak 60,31%. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 23,80%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 57,14%, kategori Belum Berkembang (MB) sebanyak 12,69%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 3,17?lam asepek menggunting gambar, menempel gambar dan menjiplak gambar dengan demikian disimpukan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik halus anak. |