Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenanganan Speech Delay Pada Anak Usia Dini Di TK Idhata Marana Kecamatan Sindue Induk Kabupaten Donggala
Nama: WILMAN
Tahun: 2023
Abstrak
Wilman (2023) “Penanganan Speech Delay Pada Anak Usia Dini Di Tk Idhata Marana”. Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika, Pembimbing (2) Hesti Putri Setianingsih. Masalah utama dalam penelitian ini adalah keterlambatan bicara anak yang kurang menguasai kosa kata, bicara belum lancar dan bicara juga masih kurang jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah penanganan yang diberikan oleh guru kepada anak yang mengalami keterlambatan bicara dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian ini adalah orangtua anak yang mengalami keterlmbatan bicara, guru yang mengajar di kelompok A kelas anak yang mengalami keterlambatan bicara, dan satu orang anak yang mengalami speech delay. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dilihat dari pengamatan dari minggu pertama sampai diminggu ketiga pada penanganan yang dilakukan guru menggunakan ketiga metode yaitu metode tanya jawab metode bercerita, dan metode bernyanyi menunjukkan kemampuan berbicara anak Mulai Berkembang (MB) hingga Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kata kunci : Speech Delay, Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up