Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELOMPOK B TK ISLAM TUNAS HARAPAN LELUMPANG PASANGKAYU SUL-BAR
Nama: TRI DEA SARI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Tri Dea Sari (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral di Kelompok B TK Islam Tunas Harapan Lelumpang Pasangkayu Sul-Bar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Andi Agusniatih dan pembimbing II Sita Awalunisah Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah perkembangan nilai agama dan moral anak yang belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Adapun subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Tunas Harapan Lelumpang yang berjumlah 20 orang pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired samples tests). Data hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam empat aspek yang telah diamati, tidak diperoleh rata-rata pada kategori BSB, kategori BSH sebanyak 26%, kategori MB 39%, dan kategori BB 35%. Setelah diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dari hasil rekapitulasi pengamatan perkembangan nilai agama dan moral anak sesudah diberikan perlakuan berupa metode demonstrasi, dalam empat aspek yang telah diamati rekapitulasinya diperoleh rata-rata pada kategori BSB 20%, kategori BSH 37,5%, kategori MB 35?n 7.5?lam kategori BB. Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh niali thitung ? ttabel (9.579 ? 1729) dan nilai signifikan 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak di kelompok B TK Islam Tunas Harapan Lelumpang Pasangkayu Sul-Bar. Kata Kunci : Metode Demonstrasi ; Perkembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up