JudulPENGARUH METODE BERMAIN PLASTISIN TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KEMALA BHAYANGKARI 02 PALU |
Nama: SITI HAJAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak SITI HAJAR (2022). “Pengaruh Metode Bermain Plastisin Terhadap Perkembangan Kreativitas Pada Anak Kelompok B1 Tk Kemala Bhayangkari 02 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. I Putu Suwika, dan Pembimbing (2) Amrullah. Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak di kelompok B1 yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media plastisin terhadap kreativitas anak di kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif jenisnya eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Yang berjumlah 10 orang anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekappitulasi rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 10%. Kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 20%. Kategori Mulai Berkembang (MB) Sebanyak 36,7% . kategori Belum Berkembang (BB) Sebanyak 33,3%. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 33,33%. Kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 26,7%. Kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 30%. Kategori Belum Berkembang (BB) Sebanyak 10%. Dalam aspek membuat bentuk buah jeruk dengan plastisin. Aspek kemampuan anak berkreasi.dan aspek kelenturan tangan anak. Dengan demikan disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain plastisin terhadap perkembangan kreativitas pada anak. |