JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B1 TK KEMALA BHAYANGKARI 02 PALU |
Nama: PURNAMA MARDAYANA TANUR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Purnama Mardayana Tanur, (2022).“Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Univarsitas Tadulako. Pembimbing (1) Bapak I Putu SuwikaPembimbing (2) Bapak Amrullah. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, subjeknya anak kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu berjumlah 10 anak, yang terdiri dari 5 anak lakilaki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Selanjutnya analisis dengan teknik presentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi data kemampuan motorik kasar anak sebelum diberikan perlakuan, terdapat 6,67% kategori Berkembang Sangat Baik, 16,67% kategori Berkembang Sesuai Harapan 23,33% kategori Mulai Berkembang, dan 53,33% kategori Belum Berkembang. Sesudah diberikan perlakuan terdapat 20% kategori Berkembang Sangat Baik, 33,33% kategori Berkembang Sesuai Harapan, 36,67% kategori Mulai Berkembang, dan 10% kategori Belum Berkembang. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Motorik Kasar, Anak Usia Dini |