JudulPeranan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 02 Palu |
Nama: NANA NURHASANAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nana Nurhasanah (2022) “Penerapan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Motorik Kasar Anak Di kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 02 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pendidikan I Fitriana S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hesti Putri S. S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan permainan tradisional engklek terhadap kemampuan motorik kasar anak. Metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian melibatkan 10 orang anak yang terdiri dari 3 orang anak perempuan dan 7 anak laki-laki, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan tekhnik presentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan motorik kasar anak sebelum diberikan perlakuan berupa Permainan Tradisional engklek,tidak terdapat anak dalam kategori BSB, Ada 10% (1 anak) dalam kategori BSH, Ada 20% ( 2 Anak) dalam kategori MB, Ada 80% (8 anak) dalam kategori BB. Sesudah Terdapat 50% (5 Anak) dalam kategori BSB, Ada 30% (3 Anak) dalam kategori BSH, Ada 20% (2 Anak) dalam kategori MB, tidak ada (0 Anak) dalam kategori BB. yang berarti terdapat peranan permainan tradisional engklek terhadap kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B Tk Al-Khairaat Maku Kabupaten Sigi. Kata Kunci : Motorik Kasar, Permainan Tradisional Engklek, Anak Usia Dini |