JudulPENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAPKEMAMPUAN ANAK MENGENAL ANGKA DIKELOMPOK A TK KEMALABHAYANGKARI 01 KOTA PALU |
Nama: AYU EKA LESTARIYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ayu Eka Lestariyani (2023).“Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka di Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih ; Pembimbing (II) Sita Awalunisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu angka terhadap kemampuan anak mengenal angka.Penelitian ini dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 01 Kota Palu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini melibatkan 12 orang anak yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) observasi; (2) dokumentasi; dan (3) wawancara. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan anak dalam mengenal angka sebelum diberikan perlakuan menggunakan media kartu angka terdapat, (8,33%) anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), (19,45%) anak berkembang sesuai harapan (BSH), (19,45%) anak dalam kategori mulai berkembang (MB), (52,77%) anak dalam kategori belum berkembang (BB). Sesudah diberi perlakuan menggunakan media kartu angka, ada (30,53%) anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB), (41,67%) anak berkembang sesuai harapan (BSH), (19,47%) anak dalam kategori mulai berkembang (MB), (8,33%) anak dalam kategori belum berkembang (BB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu angka terhadap kemampuan anak mengenal angka. Kata Kunci :Mengenal Angka, Kartu Angka, Anak Usia Dini |