JudulPengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemandirian Anak Di Kelompok B2 Tk Kemala Bhayangkari 01 Kecamatan Palu Timur |
Nama: NI KADEK KARMAENI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ni Kadek Karmaeni (2022), Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Kemandirian Anak Di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 01. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hj.Shofyatun AR. Masalah dalam penelitian ini yaitu tentang kemandirian anak . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Adapun subjeknya adalah 12 anak di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 01 Kecamatan Palu Timur. Teknik pengumpulan melalui observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil sebelum perlakuan kemandirian bantu diri 16,7% kategori T, 50% kategori S, 83,3% kategori R. Kemandirian sosial 8,4% kategori T, 50% kategori S. 41,6% kategori R. Kemandirian akademik 8,4% kategori T, 50% kategori S dan 41,6% kategori R. Sesudah di beri perlakuan kemandirian bantu diri 16,7% kategori ST, 41,6% kategori T, 33,3% kategori S dan 8,4% kategori R. kemandirian sosial 16,7% kategori ST, 33,3% kategori T, 33,3% kategori S, 16,7% kategori R. Kemandirian akademik 16,7% kategori ST, 41,6% kategori T, 33,3% kategori S, 8,4% kategori R. Sebelum perlakuan rata-rata kategori T, S, terdapat 63,93?n setelah perlakuan kategori ST, T, S, menjadi 88,3%. Terbukti ada peningkatan 24,37%. dapat di simpulkan dari ketiga aspek yang di amati kategori ST, T, S, R ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap kemandirian anak di Kelompok B2 TK Kemala Bhayagkari 01 Kecamatan Palu Timur. Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Kemandirian Anak |