JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B1 TK BUNGAMPUTI PALU |
Nama: AJENG PUTRI MAULIDYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ajeng Putri Maulidya (2022), “Pengaruh Matode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 TK Bungamputi Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Hj Shofyatun Abu Rahman. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B1 TK Bungamputi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Adapun subjeknya adalah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan, terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Data sebelum perlakuan kecepatan mewarnai gambar BSH 13,33%, MB 40%, BB 46,67%, kekuatan jari jemari saat menggunting BSH 13,33%, MB 40%, BB 46,67%, dan ketepatan menempel gambar BSH 13,33%, MB 40%, BB 46,67%. Sesudah perlakuan kecepatan mewarnai gambar BSB 13,33%, BSH 33,33%, MB 26,67%, BB 26,67%, kekuatan jari jemari saat menggunting BSB 6,67%, BSH 33,33%, MB 40%, BB 20%, dan ketepatan menempel gambar BSB 13,33%, BSH 40%, MB 20%, BB 26,67%. Rata-rata ketiga aspek yang diamati sebelum perlakuan kategori BSH dan MB 53,33%, sesudah perlakuan 75,56% kategori BSB, BSH, dan MB. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B1 TK Bungamputi terbukti ada peningkatan 22,23?ri tiga aspek yang diamati kategori BSB,BSH dan MB. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Motorik Halus |