Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B2 TK KATOLIK SANTA MARIA GORETTI PALU
Nama: RELIDA MARIA KASEBAE
Tahun: 2022
Abstrak
Relida Maria Kasebae, 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Metode Demonstrasi di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Skripsi, Program Studi SI PG PAUD. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika (2) Haerul Annwar Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui penggunaan metode demonstrasi di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Setting penelitian ini yaitu anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu yang berjumlah 15 anak terdiri dari laki-laki 8 anak dan 7 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tindakan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikan tentang peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui penggunaan metode demonstrasi di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Data yang dikumpulkan sebelum dilaksanakan tindakan yaitu, pada pengamatan berjalan mengelilingi garis 6,67% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 20,00% kategori MB dan 60,00% kategori BB. Pengamatan kegiatan melompat 13,33% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 20,00% kategori MB, dan 53,33% kategori BB. Pengamatan kegiatan berlari sambil melewati rintangan 6,67% kategori BSB, 6,67% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 73,33% kategori BB. Pengamatan kegiatan menendang bola 6,67% kategori BSB, 13,33% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 66,67% kategori BB. Selanjutnya setelah dilaksanakan tindakan kelas, diperoleh hasil akhir pada siklus II yaitu, pada pengamatan berjalan mengelilingi garis 26,67% kategori BSB, 40,00% kategori BSH, 20,00% kategori MB dan 13,33% kategori BB. Pengamatan kegiatan melompat 26,67% kategori BSB, 46,67% kategori BSH, 20,00% kategori MB, dan 6,67% kategori BB. Pengamatan kegiatan berlari sambil melewati rintangan 26,67% kategori BSB, 46,67% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 13,33% kategori BB. Pengamatan kegiatan menendang bola 26,67% kategori BSB, 53,33% kategori BSH, 13,33% kategori MB, dan 6,67% kategori BB. Melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Kata Kunci: motorik kasar dan metode demonstrasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up