Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MEMALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK B1 TK KATOLIK SANTA MARIA GORETTI PALU
Nama: EVI SUSANTI KANINO
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Evi susanti Kanino,(2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B1 TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing ( 1) Mur’aeni Mursanib (2) Haerul Annuar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan metode Pemberian Tugas dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu?Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui penggunaan metode pemberian tugas di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu.Setting penelitian ini yaitu anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu yang berjumlah 20 anak terdiri dari laki-laki 10 anak dan 10 anak perempuan.Rancangan penelitian yang digunakan adalah model tindakan kelas.Data dikumpulkan dengan cara observasi,tindakan,wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan data yang dikumpulkan,ternyata diperoleh hasil yang cukup signifikan tentang peningkatan kreativitas anak melalui penggunaan permainan metode pemberian tugas di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu.Data hasil akhir pada siklus II diperoleh yaitu,pada pengamatan meronce 25,00% kategori BSB,60,00% kategori BSH,10,00% kategori MB dan 5,00% kategori BB.Pengamatan kegiatan menggambar 25,00% kategori BSB,65,00% kategori BSH,5,00% kategori MB,dan 5,00% kategori BB.Pengamatan kegiatan membentuk plastisin 30,00% kategori BSB,60,00% kategori BSH,5,00% kategori MB,dan 5,00% kategori BB.Melihat data diatas,maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dapat membantu meningkatkan kreativitas anak di TK Katolik Santa Maria Goretti Palu. Kata Kunci: Kreativitas Anak,Metode Pemberian Tugas,Anak Usia Dini

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up