JudulMETODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL BAGI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK NURJANNAH KOTA PALU |
Nama: LUSI RAHMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Lusi Rahmawati (2024) “Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak di Kelompok A TK Nur Jannah Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Nurhayati, S.Ag. M.Pd.I Pembimbing II Amrullah, S.Pd M.pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai agama dan moral anak belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan nilai agama dan moral anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenisnya eksperimen. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Nur Jannah kota palu yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya data di analisis dengan teknik presentase. Hasil data sebelum perlakuan pada aspek berperilaku baik 0% kategori (BSB), dan dalam kategori (BSH) 0%, ada 33,3?lam kategori (MB), ada 66,6?lam kategori (BB). Aspek bersikap patuh 0% kategori (BSB), 0% kategori (BSH), dan dalam ketegori (MB) 33,3%, kategori (BB) 66,6%. Aspek menyanyikan lagu relijius kategori (BSB) terdapat 0%, kategori (BSH) 0%, kategori (MB) 55.6%, dan kategori (BB) 44,4%. Hasil data sesudah perlakuan aspek berperilaku baik kategori (BSB) 0%, kategori (BSH) 66.6%, kategori (MB) 33,3%, kategori (BB) 0%. Aspek bersikap patuh 0% kategori (BSB), 66,7% kategori (BSH), 33,3% kategori (MB), 0% kategori (BB). Aspek menyanyikan lagu relijius 0% kategori (BSH), 66,7% kategori (BSH), 33,3 kategori (MB), 0% kategori (BB). Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan pengembangan nilai agama dan moral bagi anak di kelompok A TK Nur Jannah kota Palu. Kata kunci: Problem based learning, Nilai agama dan moral, anak usia dini |