JudulPengaruh Kegiatan Melipat Kertas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Dikelompok B Tk Al Khairat Malino Mamboro |
Nama: HAJINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hajina 2017. Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Dikelompok B TK Al Khairat Malino Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amrullah, (2) Zakiyatul Imamah. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan kegiatan melipat kertas di TK Al khairat malino Mamboro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap kreativitas anak di TK Al khairat malino Mamboro. Metode yang digunakan adalah penelitian, kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B TK Al khairat malino Mamboro, terdaftar pada tahun ajaran 2023-2024, terdiri dari I kelas, yakni kelompok B dengan jumlah 14 orang anak didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan tehnik persentasi. Hasil pengamatan menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK Al Khairat Malino Mamboro yaitu Dilihat dari hasil pengamatan sebelum perlakuan, pada aspek kreativitas membuat bentuk lipatan terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, 2 anak (14,28%) kategori BSH, 2 anak (14,28%) kategori MB, dan 10 anak (71,42%) kategori BB. Kreativitas mengobinasikan dengan berbagai media terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 2 anak (14,28%) kategori BSH, 3 anak (21,42%), kategori MB dan 8 anak (71,42%) kategori BB. Kreativitas dalam bertanya, terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 1 anak (7,14%) kategori BSH, 3 anak (21,42%), kategori MB dan 9 anak (64,28%). Selanjutnya sesudah perlakuan, kreativitas melipat kertas, terdapat 2 anak (14,28%) kategori BSB, 4 anak (2857%) kategori BSH, 5 anak (35,71%) kategori MB, dan 3 anak (21,42%) kategori BB. Kreativitas mengkombinasikan warna terdapat 3 anak (21,42%) kategori BSB, 5 anak (35,71%) kategori BSH, 4 anak (28,57%) kategori MB, dan 2 anak (14,28%) kategori BB. Kreativitas dalam bertanya, terdapat 3 anak (21,42%) kategori BSB, 6 anak (42,85%) kategori BSH, 4 anak (28,57%), kategori MB dan 1 anak (7,14%) kategori BB. Hajina, 2024. Pengaruh Kegiatan Melipat Kertas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Dikelompok B TK Al Khairat Malino Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amrullah, (2) Zakiyyatul Imamah. ABSTRAK (xiii+120 Halaman + 2 Gambar+ 8 Table + 5 Bab + Lampiran) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan melipat kertas di TK Al khairat malino Mamboro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap kreativitas anak di TK Al khairat malino Mamboro. Metode yang digunakan adalah penelitian, kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak di kelompok B TK Al khairat malino Mamboro, terdaftar pada tahun ajaran 2023-2024, terdiri dari I kelas, yakni kelompok B dengan jumlah 14 orang anak didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentasi. Hasil pengamatan menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap perkembangan kreativitas anak di kelompok B TK Al Khairat Malino Mamboro yaitu Dilihat dari hasil pengamatan sebelum perlakuan, pada aspek kreativitas membuat bentuk lipatan terdapat 0 anak (0%) kategori BSB, 2 anak (14,28%) kategori BSH, 2 anak (14,28%) kategori MB, dan 10 anak (71,42%) kategori BB. Kreativitas mengkombinasikan dengan berbagai media terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 2 anak (14,28%) kategori BSH, 3 anak (21,42%), kategori MB dan 8 anak (71,42%) kategori BB. Kreativitas dalam bertanya, terdapat 1 anak (7,14%) kategori BSB, 1 anak (7,14%) kategori BSH, 3 anak (21,42%), kategori MB dan 9 anak (64,28%). Selanjutnya sesudah perlakuan, kreativitas melipat kertas, terdapat 2 anak (14,28%) kategori BSB, 4 anak (2857%) kategori BSH, 5 anak (35,71%) kategori MB, dan 3 anak (21,42%) kategori BB. Kreativitas mengkombinasikan warna terdapat 3 anak (21,42%) kategori BSB, 5 anak (35,71%) kategori BSH, 4 anak (28,57%) kategori MB, dan 2 anak (14,28%) |