JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: NUR ANNISA AMALIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nur Anissa Amalia (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamaatan Mantikulore Kota Palu. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan perilaku sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian ini yang berjumlah 14 orang anak didik di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumbernya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengamatan 3 aspek perkembangan yang diamati sebelum dan setelah penerapan metode bercerita, sebelum penerapan metode bercerita terdapat 9,5?lam kategori (BSB), 11,9?lam kategori (BSH), 16,7 dalam kategori (MB), dan 61,9?lam kategori (BB), selanjutnya setelah penerapan metode bercerita, terdapat 59,5?lam kategori (BSB), 19,1?lam kategori (BB), 11,9?lam kategori (MB), dan 9,5?lam kategori (BB). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di kelompok B TK Melati Tondo. Hal ini terbukti dari adanya perkembangan perilaku sosial anak melalui penerapan metode bercerita, rata-rata kategori BSB (59,5%), BSH (19,1%), MB (11,9%), dan BB (9,5%). Kata Kunci : Metode Bercerita Perilaku Sosial |