JudulPENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK MELATI TONDO KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: DEVI NOVRIANTI HI.INTJEMAR ANDOKE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Devi Novrianti Hi.Intjemar Andoke (2021), Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah perilaku sosial anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Adapun subjeknya adalah anak didik di Kelompok B TK Melati Tondo, yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi perilaku sosial anak dalam tiga aspek yang telah diamati, yaitu aspek tolong menolong, aspek kerja sama, dan aspek sopan santun. Sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan metode bercerita, dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 0% menjadi 33,3?lam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 13,3% menjadi 46,7?lam kategori mulai berkembang (MB) dari 46,7% menjadi 6,7?lam kategori belum berkembang (BB) dari 40% menjadi 13,3%. Sesuai hasil data perkembangan uji-t dapat dijelaskan bahwa nilai thitung sebesar -7.124 dengan signifikan 0.000 karena signifikannya <0,05%. Maka dapat disimpukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode bercerita terhadap perilaku sosial anak di kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata Kunci: Metode Bercerita, Perilaku Sosial |