JudulPERANAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUANANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B3 TK SIS AL-JUFRI 2 PETOBO KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU |
Nama: ADE PUTRI AULIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ade Putri Aulia (2021). Peranan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Konsep Bilangan Di Kelompok B3 TK Sis Al-Jufri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Agusniatih. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal konsep bilangan belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan media kartu angka terhadap kemampuan anak mengenal konsep bilangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan jenisnya deskriptif. Subjek anak didik di B3 TK Sis Al-Jufri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengembangan motorik halus anak dalam tiga aspek yang telah diamati, yaitu menyebutkan urutan bilangan, mengacak simbol, dan menghubungkan bilangan dengan gambar. Sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan berupa media kartu angka, kategori berkembang sangat baik (BSB) dari 22,22% menjadi 35,55%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dari 24,45% menjadi 48,90%, kategori mulai berkembang (MB) dari 28,89% menjadi 11,11%, dan kategori belum berkembang (BB) dari 24,44% menjadi 4,44%. Sesuai hasil data perhitungan uji t, dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung ? tabel (13,208 ? 1,770). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat kegiatan media kartu angka sangat berperan terhadap kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di kelompok B3 TK Sis Al-Jufri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Kata Kunci: Media Kartu Angka , Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan |