JudulPENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK AL-KHAIRAT KAYUBOKO |
Nama: NUR AINUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Ainun, (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Kelompok B TK Al-Khairat Kayuboko. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I): Dr. Didik Purwanto, (II): Zakiyyatul Imama. Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan sosial anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional lompat tali terhadap perkembangan sosial anak di kelompok B TK Al-Khairat Kayuboko yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, wawancara, dan dokumentasi, sumbernya di analisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diberi perlakuan aspek kerjasama kategori berkembang sangat baik, 2 anak (10%), berkembang sesuai harapan 2 anak (10%), mulai berkembang 3 anak (10%), belum berkembang 8 anak (70%). Aspek patuh terhadap peraturan, kategori berkembang sangat baik 2 anak (10%), berkembang sesuai harapan 3 anak (15%), mulai berkembang 4 anak (20%), belum berkembang 6 anak (55%). Aspek sopan santun, kategori berkembang sangat baik, 2 anak (10%), berkembang sesuai harapan 3 anak (10%), mulai berkembang 5 anak (40%), belum berkembang 5 anak (40%). Setelah diberi perlakuan bahwa perkembangan sosial anak dapat meningkat terbukti pada aspek kerjasama yaitu, kategori berkembang sangat baik 6 anak (40%), berkembang sesuai harapan 4 anak (25%), mulai berkembang 3 anak (20%), belum berkembang 2 anak (15%). Patuh terhadap peraturan, kategori berkembang sangat baik 6 anak (40%), berkembang sesuai harapan 5 anak (25%), mulai berkembang 2 anak (15%), belum berkembang 2 anak (20%). Aspek sopan santun, kategori berkembang sangat baik 7 anak (45%), berkembang sesuai harapan 3 anak (20%), mulai berkembang 2 anak (15%). Disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional lompat tali tehadap perkembangan sosial anak terbukti ada peningkatan perkembangan sosial anak setelah penelitian tiga aspek yang diamati dengan rata-rata kategori berkembang sangat baik 30%, berkembang sesuai harapan 42%, mulai berkembang 18%, belum berkembang 10%. Kata Kunci : Kegiatan Lompat Tali, Perkembangan Sosial Anak |