JudulPeranan Kegiatan Origami Terhadap Perkembangan Motorik Hallus Anak Di Kelompok B Tk Al-khairaat 1 Kaleke |
Nama: DEWI GITA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dewi Gita (2021). “Peranan Kegiatan Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Al-khairaat 1 Kaleke”. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Shofyatun A.R, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kegiatan origami terhadap perkembangan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun subjek seluruh anak di kelompok B TK Al-khairaat 1 Kaleke yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data di analisis dengan teknik presentase. Berdasarkan data hasil penelitian pada minggu ketiga peningkatan yang signifikan, pada aspek Kelenturan jari jemari saat melipat kertas origami, terdapat 5 anak (25%) dalam kategori Berkembang sangat Baik (BSB), 8 anak (40%) kategori Berkembang sesuai harapan (BSH), 6 anak (30%) kategori Mulai berkembang (MB), dan 1 anak (5%) kategori Belum berkambang (BB). Ketepatan jari-jemari saat melipat kertas origami, terdapat 6 anak (30%) dalam kategori Berkembang sangat baik (BSH), 8 anak (40%) kategori Berkembang sesuai harapan (BSH), 5 anak (25%) kategori Mulai berkembang (MB), dan 1 anak (5%) kategori Belum Berkembang (BB). Kecepatan gerak jari-jemari saat melipat kertas origami, terdapat 7 anak (35%) dalam kategori Berkmbang Sangat Baik (BSB), 6 anak (30%) kategori Berkembang sesuai harapan (BSH), dan 7 anak (35%) kategori Mulai berkembang (MB). Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ada peranan kegiatan origami terhadap perkembangan motorik halus anak di kelompok B TK Al-khairaat 1 Kaleke, dibuktikan ada peningkatan dengan rata-rata 63,34?lam kategori BSB, BSH, dan MB. Kata Kunci: Kegiatan Origami, Perkembangan Motorik Halus. |