JudulIMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK ISLAMMIYAH PANCASILA LABUAN LELEA |
Nama: RAFITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rafita (2023), Implementasi Pendidikan Multikultular Berbasis Nilai Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Nurhayati dan Amrullah. Masalah dalam penelitian yaitu pendidikan multikultural berbasis nilai religius anak yang belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya impelementasi pendidikan multikultural berbasis nilai religius pada anak usia 5-6 tahun. penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif, mendeksripsikan secara jelas dan rinci tentang implementasi pendidikan multikultural berbasis nilai religius. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak terutama kelompok B TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi memperoleh rata-rata pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), sebanyak 6,25%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 18,75%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 33,33%, dan kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 41,66%. Pada minggu kedua rekapitulasinya diperoleh rata-rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 18,75%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 66,66%, kategori Mulai Berkembang (MB) sebanyak 14,58%, dan tidak ada anak kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural berbasis nilai religius pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea sudah sangat baik. Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Nilai Religius |