Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEGIATAN KOLASE TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B1 TK AISYIYAH 1 KOTA PALU
Nama: RANI PERMATA SARI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Rani Permata Sari (2022). “ Pengaruh Kegiatan Kolase terhadap Kreativas Anak di Kelompok B1 TK Aisyiyah 1 Kota Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing fitriana dan Amrullah. Penelitian ini mengkaji tentang kreativitas anak yang masih rendah. Upaya mengatasi masalah tersebut sudah dilakukan penelitian untuk mengatahui pengaruh kegiatan kolase terhadap kreativitas anak di kelompok B1 TK Aisyiyah 1 Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenisnya eksperimen, subjeknya 11 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t (pairead sampel ttest). Berdasarkan hasil rekapitulasi sebelum diberikan perlakuan Kreativitas menempel bahan ke dalam pola ada 9,09% kategori T, 36,37% kategori S, dan 54,55% kategori R. Kecepatan dalam membuat kolase ada 18,18% kategori T, 27,27% kategori S, dan 54,55% kategori R. Kreativitas dalam menghasikan yang baru ada 18,18% kategori T, 36,36% kategori S, dan ada 45,46% kategori R. Sesudah perlakuan kreativitas menempel bahan ke dalam pola ada 9,09% kategori ST, 45,46% kategori T, 27,27% kategori S, 18,18% kategori R. Kecepatan dalam membuat kolase ada 9,09% kategori ST, 36,37% kategori T, 27,27% kategori S dan 27,27% kategori R. Kreativitas dalam menghasilkan sesuatu yang baru ada 9,09% kategori ST, 54,55% kategori T, 27,27% kategori S dan 9,09% kategori R. Dapat disimpulkan ada pengaruh kegiatan kolase terhadap kreativitas anak terbukti ada peningkatan 33.34?ri tiga aspek yang diamati kategori ST, T dan S. Dilihat dari hasil akhir perhitungan uji t yakni nilai thitung > ttabel . Sehingga thitung (5,600 > ttabel 1.81246). Maka dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Kolase, Anak Usia Dini.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up