JudulPENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK B PAUD CEMPAKA KEC. TOTIKUM KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN |
Nama: FAHMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fahmawati (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak di Kelompok B PAUD Cempaka Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Amrullah S.Pd, M.Pd. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah kemandirian anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap kemandirian anak di kelompok B PAUD Cempaka Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian yang disesuaikan prosedur penelitian dalam pendidikan. Sampel dalam penelitian ini adalah anak didik di kelompok B PAUD Cempaka yang berjumlah 6 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif, yaitu terdapat 50% anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), ada 44% anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), terdapat 6% anak dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dan tidak terdapat anak 0?lam kategori Belum Berkembang (BB). Sedangkan hasil penelitian dari uji-t dapat dijelaskan nilai thitung sebesar 13,175 dengan signifikan 0,000. Karena signifikannya < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemandirian anak di kelompok B PAUD Cempaka Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemandirian Anak |