JudulPENGARUH KEGIATAN CIRCUIT PLAY TERHADAP PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BOKAT KECAMATAN BOKAT KABUPATEN BUOL |
Nama: ELMA KUSUMA WARDANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Elma Kusuma Wardani (2021). “Pengaruh Kegiatan Circuit Play terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Bokat Kecamatan Bokat Kabupaten Buol”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Andi Agusniatih Permasalahan dalam penelitian ini adalah motorik kasar anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan circuit play terhadap pengembangan motorik kasar anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen deskriptif. Jumlah anak di Kelompok B ada 15 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan, terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengembangan motorik kasar anak dalam tiga aspek yang telah diamati, yaitu aspek kekuatan tubuh, aspek kecepatan tubuh, dan aspek ketahanan tubuh.sebelum maupun sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan circuit play, dari 6,67% menjadi 35,55?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), dari 15,55% menjadi 48,89?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dari 44,45% menjadi tersisa 11,11?lam kategori Mulai Berkembang (MB), dan dari 33,3?rkurang menjadi 4,45?lam kategori Belum Berkembang (BB). Sesuai hasil data perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung ttabel (6.670 >2,042), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti kegiatan circuit play sangat berpengaruh terhadap pengembangan motorik kasar anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Bokat Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Kata Kunci : Kegiatan Circuit Play, Motorik Kasar Anak |